Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Akar Putri Malu (Mimosa pudica L.) Efektif Atasi Penyakit Cacingan.

Sahabat pecinta tanaman obat tradisional di kesempatan kali ini saya akan mengulas bagaimana atasi penyakit cacingan secara alamimenggunakan tanaman obat herbal. Apakah anda mungkin pernah mengalami penyakit cacingan ? penyakit ini ternyata tidak hanya menyerang anak-anak saja namun juga dapat menyerang pada orang dewasa. Penyakit cacingan disebabkan karena sanitasi lingkungan yang buruk, kebiasaan buang air besar sembarangan, kebiasaan sering tidak memakai alas kaki yang mengakibatkan infeksi sehingga telur cacing dapat masuk melalui pori-pori kulit. Jenis cacing yang biasanya menjadi parasit dalam tubuh yaitu cacing gelang, cacing pita, cacing tambang dan cacing kremi. 


Gejala yang sering timbul pada orang yang terkena penyakit cacingan ini yaitu :
1. Perut terasa kembung
2. Mual
3. Pantat terasa gatal
4. Perut membesar
5. Badan kurus
6. Perut sering mules dan mencret
7. Badan terasa lemas dan lemah

Nah berdasarkan jurnal penelitian, salah satu tanaman obat herbal yang terbukti berkhasiat sebagai anthelmintika atau obat cacing yaitu akar tanaman putri malu (Mimosa pudica L.). Kandungan mimosin bersifat asam amino toksik yang terdapat pada akar tanaman putri malu inilah yang berperan dalam menghambat asam amino lain yang dilakukan oleh mikrovili tegument sehingga terjadi gangguan sintesis protein maka menurunkan jumlah cacing. Selain mimosin sebagai unsur utama akar tanaman putri malu juga mengandug tanin.


- Ambil 25 gram akar tanaman putri malu, kemudian cuci bersih, setelah dicuci lalu masukkan ke dalam panci , tambahkan 3 gelas air, seduh sampai mendidih, setelah mendidih kemudian saring dan sisakan rebusan menjadi 1 gelas, minum setiap hari pada malam hari sebelum tidur. Lakukanlah secara rutin.

Semoga artikel mengenai Khasiat Akar Tanaman Putri Malu untuk mengatasi cacingan secara alami ini dapat bermanfaat.

Bagi sahabat pecinta tanaman obat herbal like fanspage kami di sini untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai khasiat tanaman obat herbal. Terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar