Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Efek Samping Temulawak Bagi Kesehatan

Efek Samping Temulawak Bagi Kesehatan- Sahabat pecinta tanaman obat herbal tahukah anda efek samping temulawak untuk kesehatan? Kali ini saya akan mengulas mengenai efek samping penggunaan temulawak untuk kesehatan. Namun sebelumnnya kita bahas temulawak dan kandungan pada temulawak.


Temulawak mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza. Di daerah Jawa Barat, temulawak sering disebut sebagai Koneng Gede sedangkan di Madura disebut Temu Lobak. Tanama ini termasuk keluarga Zingiberaceae, bersama dengan jahe. Dalam penggunaanya, bagian dari tanaman temulawak yang digunakan kebanyakan adalah bentuk rimpangnya. Bentuk rimpang ini dapat  digunakan dalam bentuk rimpang segar, rimpang kering, atau rimpang yang sudah dibuat serbuk. Temulawak merupakan salah satu dari sembilan obat unggulan Indonesia yang sejak tahun 2003 mulai diteliti dan saat ini sedang dalam proses penyelesaian uji klinik oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Temulawak mengandung kurkuminoid, mineral, minyak atsiri, serta minyak lemak. Selain itu temulawak juga mengandung zat gizi, karbohidrat, protein, lemak, serat kasar, dan mineral seperti kalium, natrium, magnesium, zat besi, mangan, dan kadmium.
Temulawak banyak memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan, untuk lebih lengkapnya baca artikel mengenai Khasiat dan manfaat temulawak untuk kesehatan.

Nah setelah membaca khasiat dan manfaat temulawak untuk kesehatan saya juga ingin berbagi informasi mengenai efek samping penggunaan temulawak untuk kesehatan.
Berikut beberapa efek samping penggunaan temulawak untuk kesehatan

Efek yang tidak diinginkan belum pernah dilaporkan resiko terhadap kesehatan dan efek samping setelah penggunaan dalam dosis yang tepat dari rimpang temulawak.
-     Bila digunakan secara berkepanjangan atau melebihi dosis, dapat menimbulkan gangguan lambung. Bila timbul gangguan, segera hentikan penggunaan.
-      Kontra indikasi : belum diketahui dengan pasti adanya larangan penggunaan temulawak
-          Interaksi : belum diketahui adanya interaksi temulawak dengan obat-obatan atau bahan-bahan yang lain
-     Karena temulawak bekerja merangsang fungsi saluran empedu, maka tidak dianjurkan penggunaanya bila ada penyumbatan saluran empedu dan batu empedu. Dalam hal penyumbatan batu empedu, penggunaanya hanya setelah berkonsultasi dengan dokter atau di bawah pengawasan dokter.
-      Pemakaian temulawak bersama dengan tanaman lain yang mengandung kurkuminoid seperti kunyit, perlu diperhitungkan dosisnya agar tidak berlebihan.
-      Hati-hati menggunakan temulawak bersama dengan obat pengencer darah atau obat antikoagulan.


Semoga informasi mengenai efek samping penggunaan temulawak ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk like halaman fans page khasiat tanaman obat herbal untuk mendapatkan informasi khasiat tanaman obat herbal terbaru dan share artikel ini agar lebih bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar