Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Fakta atau Mitos Melinjo Penyebab Asam Urat ???

Sahabat pecinta tanaman obat herbal. Apakah kalian mungkin mempunyai kadar asam urat yang tinggi ? nah apakah kalian pernah berpikir kenapa kadar asam urat bisa menjadi tinggi ? pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengulas mengenai fakta melinjo apakah benar sebagai salah satu faktor penyebab naiknya asam urat. Sebelumnya saya terangkan dulu proses terjadinya asam urat, naiknya kadar asam urat karena kadar purin yang menumpuk dalam tubuh dan berlebihan, sehingga ginjal menjadi terganggu dan tidak dapat mensintesis purin secara optimal sehingga menimbulkan sisa-sisa menumpuk pada sendi-sendi dan menjadi asam urat yang berbentuk kristal. Biasanya timbul rasa nyeri, bengkak, dan kadang meradang pada sendi-sendi yang terjadi penumpukan asam urat.


Zat purin ini berasal dari bahan-bahan makanan yang kita konsumsi setiap hari misalnya sayuran dan  buah-buahan. Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini saya tertarik untuk membahas mengenai mitos salah satu tanaman yang dipercayai dapat menyebabkan penyakit asam urat. Tanaman tersebut adalah melinjo, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini, melinjo sering dibuat menjadi emping yang merupakan cemilan yang sangat lezat dan terkenal di masyarakat. Namun apakah kalian tahu  fakta mengenai melinjo hubunganya dengan penyakit asam urat?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap melinjo diketahui ternyata melinjo mengandung senyawa yang menghambat aktivitas xantin oksidase. Xantin oksidase adalah enzim yang bekerja untuk mensintesis purin. Sehingga proses sintesis purin menjadi terganggu, akibatnya purin yang tidak disintesis menumpuk menjadi asam urat yang berbentuk Kristal pada sendi-sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Jadi mitos mengenai konsumsi melinjo maupun emping (melinjo yang sudah diolah) sebagai penyebab asam urat mungkin ada benarnya jika dilihat berdasarkan fakta diatas. Sedikit saran dari saya sebaiknya hindari konsumsi melinjo bagi yang mempunyai kadar asam urat tinggi dan perbanyak minum air putih, minimal sehari 8 gelas karena kristal-kristal penyebab asam urat ini akan terbawa oleh urin sehingga dapat menurunkan kadar asam urat.

Nah semoga informasi mengenai fakta melinjo hubungannya dengan penakit asam urat ini dapat bermanfaat. Jangan lupa like fans page khasiat tanaman obat herbal untuk dapatkan informasi terbaru mengenai berbagai khasiat tanaman obat herbal dan share ke teman-teman anda agar lebih bermanfaat.

baca juga mengenai khasiat daun sawi hijau bagi kesehatan

Posting Komentar

0 Komentar