Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Khasiat Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) untuk Kesehatan

Khasiat temulawak  – sahabat pecinta tanaman obat herbal mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza ini sering dibuat menjadi minuman jamu. Tapi apakah kalian tahu manfaat temulawak ini untuk kesehatan ? Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai khasiat temulawak untuk kesehatan.



  • Temulawak untuk memperbaiki nafsu makan
Masyarakat Indonesia secara turun menurun menggunakan temulawak untuk memperbaiki nafsu makan. Secara praklinik dan klinik telah ditemukan bahwa rimpang temulawak dapat meningkatkan atau memperbaiki nafsu makan.
-          Cara penggunaan rimpang temulawak untuk memperbaiki nafsu makan :
Air mendidih dituangkan kedalam cangkir yang berisi setengah sendok teh simplisia kering dan disaring setelah sepuluh menit.
-          Sediakan 20 gram rimpang temulawak segar yang telah diiris tipis-tipis atau lebih kurang 6 – 10 simplisia kering, 10 gram asam jawa dan 30 gram gula. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam panci email, lalu rebus dalam 250 cc air sampai mendidih selama 15 menit. Selanjutnya saring dan minum ramuan tersebut selagi hangat. Sediaan ini digunakan sehari 2 kali, masing-masing setengah bagian.
-          Sediaan teh dibuat dengan cara : air mendidih dituangkan ke dalam cangkir yang berisi 0,5 – 1 gram serbuk temulawak. Diamkan 5 – 10 menit kemudian disaring. Diminum beberapa kali sehari 1 cangkir.
  • Temulawak untuk memperbaiki fungsi pencernaan
Secara pra klinik ditemukan bahwa serbuk rimpang temulawak dapat meningkatkan aktivitas musin dalam cairan lambung.
Di samping itu rebusan temulawak dapat menurunkan kontraksi usus halus
-          Cara pemakaian rimpang temulawak untuk memperbaiki fungsi pencernaan :
Kecuali dinyatakan lain maka dosis lazim rata-rata sehari adalah 2 gram simplisia kering atau 8 gram temulawak segar. Sediaan dapat digunakan dalam bentuk infuse atau sediaan galenik lain. Untuk mendapatkan manfaat  yang lebih baik, sediaan diminum sebelum makan. 
  •      Temulawak untuk memelihara kesehatan fungsi hati
Cara kerja : pada dasarnya aktivitas temulawak pada hati berkaitan erat dengan aktivitas kolagoga yang berpengaruh pada hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Disamping itu temulawak dapat mengurangi aktivitas enzim glutamate oksala asetat transaminase (GOT) serta menurunkan aktivitas enzim  glutamate  piruvat  transaminase (GPT) baik secara praklinik  in vitro dan in vivo maupun secara klinik. Kurkuminoid yang terkandung dalam temulawak bekerja melindungi hati.
-          Cara penggunaan rimpang temulawak  untuk memelihara kesehatan fungsi hati :
Hasil uji klinik menunjukkan bahwa dosis  yang digunakan untuk memperoleh manfat penurunan kadar SGOT dan SGPT adalah 15 -30 mg kurkumin.
Contoh bentuk sediaan :
-          Sediaan teh dapat dibuat dengan cara air mendidih dituangkan kedalam cangkir yang berisi 5 gram serbuk temulawak. Diamkan 5 – 10 menit kemudian disaring. Diminum beberapa kali sehari 1 cangkir.
-          Air perasan temulawak. Cuci bersih lebih kurang 25 gram rimpang temulawak segar, dibakar di atas bara api, kemudian diparut, peras airnya dengan bantuan 1 gelas air minum masak. Air perasan ini diminum dua kali, pagi dan sore.
-          Sediaan di pasaran pada umumnya dalam bentuk tunggal maupun campuran dengan kadar kurkumin  30 – 40 mg dan minyak atsiri 60 – 80 mg. Untuk bentuk sediaan lain, perlu diperhitungkan setara dengan dosis ini.
  • Temulawak untuk mengurangi nyeri dan radang sendi
Cara kerja : kurkumin yang terkandung dalam temulawak mempunyai aktivitas anti radang yang setara dengan 100 mg fenilbutazon yang dapat berguna mengurangi nyeri dan radang sendi. Aktivitas ini dapat dicapai melalui penghambatan migrasi sel-sel leukosit ke daerah radang, atau melalui penghambatan pembentukan serta transportasi  mediator radang yaitu prostalglandin. Dari uji klinis menggunakan kurkumin dengan dosis tertentu ditunjukkan adanya perbaikan pada penderita radang sendi.
-          Cara penggunaan rimpang temulawak untuk mengurangi dan radang sendi : dosis kurkumin yang  digunakan pada uji klinis adalah 400 – 1200 mg per hari.
Contoh bentuk sediaan  :
-          Cuci bersih 60 gram rimpang temulawak segar, dibakar di atas bara api, kemudian diparut, peras airnya dengan bantuan 2 gelas air minum masak.
-          Sediaan di pasaran pada umumnya terdapat dalam bentuk tunggal maupun campuran dengan kadar kurkumin  30 – 40 mg dan minyak atsiri 60 – 80 mg.
  • Temulawak untuk menurunkan lemak darah
Cara kerja :hasil uji praklinik dan klinik menunjukkan bahwa ekstrak temulawak atau komponen isolatnya dapat menurunkan kadar kolesterol  total, trigliserida dan dapat meningkatkan kadar HDL klesterol. Komponen  yang  diduga berperan dalam lemak darah adalah kurkuminoid.
Cara penggunaan rimpang temulawak untuk menurunkan kadar lemak darah :
-          Kurang lebih 25 – 50 gram simplisia kering dididihkan dalam 200 ml air hingga diperoleh air rebusan 100 ml. air rebusan yang telah disaring diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.
-          Di pasaran dapat diperoleh ekstrak kering temulawak, untuk memperoleh manfaat ini gunakan dua kali sehari kurang lebih 300 mg.
  • Temulawak sebagai Antioksidan
Kurkumin bekerja sebagai antioksidan karena mampu menangkap radikal bebas oksigen seperti anion, superoksida, dan radikal hidroksil.
            - Cara penggunaan rimpang temulawak sebagai antioksidan :ekstrak kering temulawak diminum tiga kali sehari, tiap kalinya kurang lebih 250 – 500 mg.
  • Temulawak untuk membantu menghambat penggumpalan darah.
Cara kerja :kurkumin dari temulawak dapat membantu menghambat penggumpalan darah dengan cara menghambat pembentukan tromboksan B2, yaitu zat yang berperan dalam proses penggumpalan darah.
-    Cara penggunaan rimpang temulawak untuk menghambat penggumpalan darah : ekstrak kering temulawak diminum tiga kali sehari, tiap kali lebih kurang 250 – 600 mg.

Nah setelah selesai membaca semoga informasi mengenai manfaat dan khasiat temulawak serta cara penggunaanya di atas dapat bermanfaat. Jangan lupa like dan share ya artikel mengenai khasiat temulawak untuk kesehatan dan tetap kunjungi website khasiat tanaman obat herbal untuk mendaptakan info terbaru mengenai khasiat tanaman obat herbal.

Posting Komentar

0 Komentar