Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Fakta dan Sejarah Tentang Wortel (Daucus carota)


Wortel merupakan sayuran yang  fleksibel, bisa untuk dimakan secara langsung dan tersedia hampir di mana saja di dunia, wortel telah ada selama berabad-abad . Sejarawan percaya bahwa wortel yang pertama kali dibudidayakan oleh orang Yunani Kuno dan Romawi , karena mereka disebutkan oleh Pliny the Elder dan dihargai oleh Kaisar Tiberius. Wortel dapat digunakan sebagai bahan pelengkap masakan, mulai dari sup sayuran sehat, salad. Wortel juga dapat dibuat jus dan dimakan mentah. Selain itu wortel juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Manfaat  Wortel bagi Kesehatan :
Ketika anak-anak bertanya apakah memang benar bahwa wortel baik untuk mata mereka , Anda dapat menjawab secara spontan, karena wortel sangat kaya akan vitamin A, vitamin A ini nutrisi penting untuk penglihatan. Bahkan, wortel yang sarat dengan beta karoten dan selanjutnya dikonversi menjadi vitamin A dalam hati Anda. Karena beta karoten  tidak dapat diproduksi dalam tubuh.

Bukan kebetulan bahwa " karoten " terdengar seperti " carrot " atau wortel. Kata ini dirancang di awal abad ke-19 oleh seorang ilmuwan Jerman setelah ia mengkristal senyawa karoten dari akar wortel. Beta karoten adalah salah satu dari lebih dari 600 karotenoid, yang merupakan pigmen yang memberi warna pada kuning telur, tomat, buah-buahan, sayuran berdaun gelap dan beberapa jenis makanan laut.

Dikenal untuk proteksi radiasi ultraviolet, wortel berperan  dalam pencegahan penyakit jantung dan stroke, sebagai penghalang  untuk mencegah infeksi pada luka dan goresan, untuk menjaga kulit tidak keriput, dan untuk pembersihan usus dan menghiangkan toksin.

Kalsium, fosfor , dan magnesium dalam wortel membantu membangun tulang yang kuat dan sistem saraf yang sehat. Konsumsi kalsium, terutama sangat penting untuk otot-otot jantung. Fosfor sangat penting untuk melembutkan kulit dan memperkuat gigi, rambut, dan tulang, sedangkan magnesium berperan dalam perkembangan mental, pencernaan lemak, dan penyerapan nutrisi.

Studi  menemukan bukti bahwa bahan kimia bioaktif dalam ekstrak jus wortel mungkin memainkan peran dalam mengobati kanker tertentu, termasuk leukemia, karena beta karoten dan polyacetylene antioksidan yang ditemukan dalam wortel. Studi ini menemukan bahwa ketika myeloid leukemia limfoid, pertumbuhan sel penyebab kanker terhambat . Wortel juga disebutkan secara khusus dalam daftar makanan yang bertanggung jawab untuk menurunkan risiko kanker kandung kemih pada sebuah studi di San Diego.
Walaupun kebanyakan dari kita telah diajarkan bahwa sayuran mentah memiliki nilai gizi tertinggi, mengejutkan, studi terbaru telah menemukan bahwa memasak membantu meningkatkan manfaat kesehatan dari wortel.

Penelitian yang dilakukan di University of Arkansas mengemukakan aktivitas antioksidan dari wortel mentah dibandingkan dengan dimasak. Hasilnya adalah bahwa wortel yang dimasak tidak hanya mempertahankan nilai gizi wortel, tapi benar-benar berisi khasiat yang lebih sehat daripada bila dimakan mentah . Selama periode empat minggu, ditemukan bahwa asam fenolik dan tingkat beta karoten meningkat secara dramatis ketika wortel  direbus. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan terus meningkat dalam wortel bubur bahkan setelah seminggu didinginkan.

Itulah manfaat kesehatan yang besar dari wortel, karena antioksidan yang tinggi yang dikenal untuk menghilangkan radikal bebas  dalam tubuh, yang juga dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker, alzheimer, sindrom iritasi usus, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Wortel mengandung kadar yang beta karoten lebih tinggi dibandingkan sayuran atau buah lainnya. Mengapa beta karoten itu penting ? Beta karoten memberikan warna oranye khas pada wortel, yang lebih penting beta karoten dapat mengkonversi dalam tubuh Anda menjadi vitamin A. Tercatat untuk manfaat kesehatan seluruh tubuh Anda, termasuk penghambatan pertumbuhan sel kanker, wortel memiliki perbedaan yang dikenal di banyak makanan lain yang tumbuh di kebun. Selain itu wortel bergizi dan lezat.


Nah semoga artikel mengeni khasiat dan manfaat wortel bagi kesehatan dapat bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar