Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tahukah anda Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk) bikin kantuk ?

Tanaman kangkung (Ipomoea aquatica Forsk) adalah jenis sayur yang sering dimasak menjadi berbagai macam olahan salah satunya yang populer adalah Ca Kangkung. Tanaman kangkung banyak ditemukan di kawasan Asia termasuk  Indonesia. Tanaman ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Kangkung termasuk dalam famili Convolvulaceae, ada dua jenis dari kangkung yaitu kangkung dengan daun yang licin berbentuk anak panah dan daun sempit memanjang.


Kangkung banyak dibudidayakan oleh para petani sayuran namun ada juga kangkung liar yang di tumbuh di sawah-sawah, biasanya sering disebut dengan kangkung sawah atau kangkung air. Sebelumnya saya akan menjelaskan beberapa khasiat dan manfaat kangkung sebelum masuk ke topik utama apakah benar kangkung menyebabkan kantuk.

Manfaat dan khasiat kangkung dari beberapa sumber menyebutkan bahwa :


1.Kangkung dapat menetralkan racun yang ada dalam tubuh.


2. Kandungan kangkung yang kaya akan  vitamin A yaitu untuk menjaga kesehatan mata.


3. Vitamin B untuk membantu proses metabolism dalam tubuh.


4. Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh.


5. Vitamin K yang mebantu dalam proses pebekuan darah.


6. Kangkung juga sebagai pemasok betakaroten yang merupakan salah satu zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas.


7. Kangkung mengandung banyak serat yang berperan dalam mengikat asam empedu dan kolesterol yang dikeluarkan melaui feses.


Banyaknya mitos yang berkembang bahwa mengkonsumsi kangkung dapat menyebabkan kantuk, namun faktanya sampai sekarang belum dapat dibuktikan secara ilmiah mengenai kebenaran mitos bahwa kangkung menyebabkan kantuk, namun dalam beberapa sumber menyebutkan bahwa kangkung mengandung zat yang bersifat sedative atau penenang, sehingga orang yang mengkonsumsi kangkung merasa tubuh menjadi rileks dan merasa nyaman maka tubuh menjadi lebih mudah untuk istirahat.

Jadi jika ingin mengkonsumsi kangkung sebaiknya jangan terlalu banyak dan dimakan pada waktu malam hari. Sebaiknya pada waktu memasak sayur kangkung sebaiknya jangan terlalu lama karena diatas suhu 60° C kandungan gizi pada kangkung bisa hilang. Mungkin sedikit informasi mengenai khasiat dan manfaat kangkung ini dapat bermanfaat. Tolong di share artikel mengenai khasiat kangkung (Ipomoea aquatica Forsk) agar informasi ini dapat bermanfaat bagi semua orang.

Posting Komentar

0 Komentar