Header Ads Widget

Responsive Advertisement

8 Manfaat Luar Biasa Puasa bagi Kesehatan Kita

Sahabat pecinta khasiat tanaman obat herbal bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan ini sebaiknya tetap semangat ya menjalani puasanya. Karena, tahukah anda ? ternyata ada banyak manfaat dibalik kita menjalankan puasa. Nah pada kesempatan kali ini saya tertarik ingin berbagi  8 manfaat luar biasa puasa bagi kesehatan kita.



1. Puasa baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah
Menurut dari chronobiological ternyata orang yang  berpuasa memiliki dampak positif bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, karena pada saat berpuasa, tubuh kita ternyata secara teratur memicu meningkatnya HDL dan di sisi lain menurunkan LDL dalam darah sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Karena menurunya LDL atau lemak jahat di dalam tubuh yang berakibat juga pada pembuluh darah menjadi bersih dari timbunan-timbunan lemak yang bisa menyumbat.

2. Puasa membuat keadaan psikologi menjadi tenang sehingga  mencegah penyakit kronis
Pada saat berpuasa kita tidak hanya menahan makan dan minum saja, namun kita juga harus dapat mengendalikan amarah. Tentu saja secara psikologis keadaan ini membuat orang menjadi tidak tenang atau mengalami beban psikologis. Nah pada saat kita berpuasa membuat keadaan psikologis menjadi lenih tenang dan dapat mengendalikan amarah sehingga secara ilmiah keadaan ini membuat seseorang dapat menurunkan kadar adrenalin di dalam tubuh.Menurunnya kadar adrenalin akan memberikan efek yang positif bagi tubuh seperti:  dapat mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang lebih baik sehingga dapat mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner dan stroke.

3.Pada saat berpuasa pola pikir menjadi lebih tajam dan kreatif
Hal unik yang terjadi saat kita berpuasa yaitu pola pikir kita menjadi lebih tajam dan kreatif karena berdasarkan dari penelitian ternyata pada saat kita berpuasa pikiran kita bekerja lebih lambat namun pikiran yang melambat ini membuatnya justru bekerja lebih tajam dan kreatif. Selain itu dilihat dari segi insting, masalah dan rasa lapar adalah masalah untuk kelangsungan hidup jadi wajar saja jika rasa lapar membuat kita untuk berpikiran lebih tajam dan kreatif.

4. Puasa dapat mencegah terjadinya obesitas/kegemukan
Orang yang gemuk disebabkan oleh menumpuknya timbunan-timbunan lemak di perut, nah pada saat kita berpuasa usus-usus yang bekerja dalam tubuh akan lebih bersih dari adanya sisa-sisa timbunan lemak dari endapan makanan, nah endapan makanan inilah yang menyebabkan orang menjadi obesitas karena akan menumpuk dan menjadi lemak di perut. Selain itu berpuasa juga secara tidak langsung dapat memperbaiki sistem pencernaan tubuh kita, sehingga sirkulasi makanan yang terjadi di dalam perut dan buang air menjadi lebih lancer dari biasanya.

5. Puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Jika dinalar puasa mungkin dapat membuat tubuh menjadi lemas dan mudah terserang berbagai penyakit namun kenyataanya justru puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Fakta penelitian yang mendukung bahwa puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh yaitu mengungkapkan bahwa pada saat seseorang berpuasa maka akan terjadi peningkatan kadar Limfosit dalam tubuh sampai dengan 10 kali lipat, hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh atau daya tahan tubuh, sehingga selama kita berpuasa justru dapat menghindarkan kita dari berbagai bakteri maupun virus dari lingkungan kita maupun makanan yang kita makan.

6. Puasa dapat meningkatkan kesehatan ginjal
Ginjal adalah organ tubuh yang vital, yang berfungsi sebagai penyaring zat-zat yang berbahaya yang masuk ke dalam tubuh melewati makanan yang kita makan maupun minuman yang kita minum. Kenapa berpuasa membuat ginjal semakin sehat ?  Karena perlu anda ketahui jika fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin dapat mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara untuk dapat mencapai hal tersebut adalah dengan mengurangi asupan air yaitu jika kita berpuasa.

7. Puasa dapat mencegah diabetes dan kelebihan nutrisi dalam tubuh
Beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan kelebihan nutrisi misalnya obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya adalah akibat dari tubuh mengalami keadaan dimana terjadi kelebihan kadar gula darah dan kolesterol.  Nah dengan kita  berpuasa maka konsumsi gula dan makanan berlemak menjadi lebih terkontrol dan dikurangi sehingga hal ini akan berdampak baik bagi kembalinya keseimbangan kadar gula dan kolesterol di dalam tubuh.

8. Puasa dapat sebagai penawar sakit sendi atau encok
Dengan kita berpuasa secara teratur ternyata dapat meningkatkan sel penetral alami yang ada di dalam tubuh kita sehingga akan membuat sakit encok lambat laun hilang dan sembuh. Sebuah hasil studi penelitian mengemukakan bahwa terdapat adanya korelasi atau hubungan antara meningkatnya kemampuan sel penetral (pembasmi bakteri) dengan membaiknya radang sendi  yang menjadi penyebab encok.

Semoga artikel mengenai 8 manfaat luar biasa puasa bagi kesehatan kita ini dapat bermanfaat bagi anda dan membuat anda tambah bersemangat menjalankan puasa di bulan suci ramadhan ini. Jangan lupa share ke teman – teman maupun saudara anda agar lebih bermanfaat. Tetap ikuti kami dengan sukai fans page kami khasiat tanaman obat herbal agar tidak ketinggalan update terbaru dari berbagai khasiat tanaman  dan tips kesehatan.


Posting Komentar

0 Komentar