Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Seberapa Banyakkah Boleh Konsumsi Suplemen Vitamin Setiap Hari?

Hallo sahabat khasiat tanaman obat herbal, terlalu sibuknya pekerjaan dan segala aktivitas yang masih menumpuk kadang membuat anda menjadi mudah merasa lelah dan mudah terserang berbagai penyakit seiring menurunnya kondisi daya tahan tubuh. Nah salah satunya adalah kekurangan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anda sehingga dapat mengurangi efektivitas kerja organ-organ dan penurunan daya tahan tubuh. Maka tak heran apabila kadang beberapa orang atau anda sendiri disarankan untuk  mengkonsumsi suplemenvitamin, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Seberapa Banyakkah Boleh Konsumsi Suplemen Vitamin Setiap Hari?
Suplemen vitamin

Nah yang menjadi pertanyaan disini adalah seberapa banyak kita boleh mengkonsumsi suplemen vitamin setiap harinya? Mungkin anda hanya mengira-ira saja kan seberapa banyak anda mengkonsumsi suplemen setiap harinya. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai dosis suplemen vitaminyang boleh dikonsumsi setiap harinya. Untuk mencegah efek merugikan suplemen vitamin, hindari kebiasaan mengonsumsi harian tanpa dosis tertentu. Suplemen yang menjanjikan keuntungan mencengangkan juga sebaiknya dihindari pemakaiannya. Jangan lupa juga untuk selalu membaca kandungan suplemen pada kemasan secara teliti sebelum penggunaan. 

Sejumlah besar dari beberapa praktisi kesehatan juga menyatakan, setuju makanan alami adalah sumber optimum nutrisi. Oleh karena itu jika pola makan buruk atau kemampuan tubuh menyerap nutrisi rendah, maka saat itulah asupan nutrisi tambahan diperlukanoleh tubuh. Nutrisionis Lauren Schmitt seorang pakar ahli gizi dan makanan juga merekomendasikan orang tua, wanita hamil, dan anak-anakuntuk mengkonsumsi suplemen vitamin sebagai suplementambahan agar kebutuhan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh tercukupi. Dianjurkan bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi hebat, vegetarian juga mengkonsumsi suplementambahan karena hanya mendapat asupan vitamin 1.600 kalori per hari. 


Selain itu beberapa kondisi medis, seperti  adanya riwayat penyakit kronis juga berisiko mengalami kekurangan asupan nutrisi. Hal tersebut juga pada orang yang memiliki alergi makanan, juga memerlukan asupan vitamin bagi tubuh. Konsumsi suplemen vitamin yang berlebihan dapat mengakibatkan mual, diare, kram perut, dan mengurangi kemampuan kognitif, selain itu interaksi dengan beberapa obat juga dapat berakibat kematian. Misalnya asupan berlebih suplemen vitamin A dapat mengakibatkan hipervitaminosis A, kondisi ini ditandai dengan ketidaknormalan organ liver, berkurangnya kerapatan tulang, kadang disertaicacat lahir. 



Sedangkan yang terjadi apabila kelebihan suplemen vitamin B 12 walaupun tidak mengakibatkan keracunan, namun dapat berinteraksi dengan obat seperti antibiotik dan anti diabetes, maka dari itu sebelum memilih suplemen, pastikan terlebih dulu mengetahui jenis vitamin yang kurang pada tubuh. Sedikit tips apabila anda ingin mengkonsumsimakanan dan suplemen dengan sifat yang sesuai. Contohnya, bila ingin mengkonsumsi vitaminyang larut dalam lemak maka sesuaikan dengan makanan yang mengandung lemak sehat. Hal tersebut dikarenakan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin E dan K, dapat memberikan hasil terbaik apabila dikonsumsi bersamaan dengan lemak sehat misal minyak ikan, kacang dan minyak zaitun. 

Nah semoga setelah membaca mengenai seberapa banyakah kita boleh mengkonsumsi suplemen setiap hari ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa, pastikan belum lewat tanggal kadaluwarsa dari suplemen yang anda konsumsi. Jangan lupa share ya ke teman-teman maupun saudara anda agar lebih bermanfaat. Salam sehat.


Baca juga Bagaimana Konsumsi Bayam bagi Penderita Hipertensi

Posting Komentar

0 Komentar