Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Waspadai Bahaya Melamin bagi Kesehatan Tubuh

Hai sobat khasiat tanaman obat herbal apakah kalian tahu apa sih melamin itu? Belakangan ini banyak muncul kabar mengenai bahayayang ditimbulkan oleh melamin. Nah sebenarnya berbahayakah melamin untuk kesehatan tubuh kita? pada kesempatan kali ini saya tertarik mengulas mengenai bahaya yang ditimbulkan oleh melamin, namun sebelum membahas mengenai bahaya-bahaya dari melamin terlebih dulu saya jelaskan apakah sebenarnya melamin itu.

Waspadai Bahaya Melamin bagi Kesehatan Tubuh
Bahan-bahan melamin


Di bidang industiri melamin adalah bahan kimia memiliki banyak kegunaan. Di negara Amerika saja melamin telah disetujui untuk digunakan sebagai bahan dalam pembuatan peralatan dapur seperti piring, gelas, sendok, produk plastik, kertas, kertas karton, coating dan lain sebagainya. Nah selain digunakan sebagai bahan baku pembuatan peralatan memasak ternyata di beberapa negara melamin juga terdaftar sebagai produk pupuk. Setelah beberapa tahun penggunaan melamin sebagai bahan baku industri yang juga digunakan dalam pembuatan kemasan untuk produk makanan ini berjalan, akhir-akhir ini banyak ditemukan orang yang mengalami gangguan kesehatan misalnya keracunan yang diduga disebabkan oleh keracunan melamin.

Akhirnya pihak pengawas makanan dan minuman Amerika yaitu FDA menghapus izin terhadap pemakaian melamin sebagai bahan pada pembuatan peralatan memasak karena disebut berbahaya jikadigunakan sebagai penambahan langsung pada makanan manusia maupun hewan yang dapat membawa molekul yang terdapat pada melamin ikut terlarut ke dalam makanan yang kita makan maupun minum. Oleh karena itu disarankan untuk tidak memanaskan makanan menggunakan melamin, agar melamin tidak sampai terlarut dan terbawa masuk ke tubuh melalui makanan.

Nah berikut ini adalah tanda-tanda jika keracunan melamin :

1.Terdapatdarah yang terbaawa bersama dengan air urin
2.Berkurangnya frekuensi buang air kecil dalam sehari
3.Hasil cek menunjukkan tekanan darahtinggi
4.Perubahan perilaku misalnya menjadi sensitif

Berikut adalah bahaya melaminapabila masuk ke dalam tubuh kita secara terus menerus :

1.Pada bayi dan anak-anak banyak menimbulkan gangguan metabolisme
2.Menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan, misalnya mual, muntah hingga buang air besar yang tidak lancar
3.Efek jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti pada hati, mata, telinga, dan juga otak
4.Melamin dapat merusak sistem kekebalan tubuh atau imunitas
5.Melamin dapat menyebabkan masalah pernapasan yaitu sesak napas dan asma

Nah setelah membaca mengenai bahaya melamin bagi kesehatan ini apakah anda tetap ingin membeli atau menggunakan peralatan dapur yang terbuat dari melamin ibu-ibu? Pasti tidak kan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa share ke teman-teman maupun saudara anda agar lebih bermanfaat. Salam sehat.


Baca juga 3 kebiasaan kecil yang dapat merubah hidup lebih sehat

Posting Komentar

0 Komentar