Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Waspadai Virus Ebola !!! Kenali Gejalanya dan Cegah Penyebarannya..

Hallo sahabat setia khasiat tanaman obat herbal, mungkin dalam beberapa hari terakhir ini kalian semua mendengar atau melihat berita tentang mewabahnya virus ebola dari berbagai macam stasiun televise local maupun internasional. Dikarenakan penyebarannya yang begitu cepat sampai-sampai badan kesehatan dunia yaitu WHO menetapkan status darurat secara global dalam kasus penyebaran virus ebola ini. Oleh karena itu jika anda bepergian ke luar negeri maka jangan kaget apabila di setiap bandara akan dipasangi alat pendeteksi sebagai pencegahan dini mnyebarnya virus ebolaini. Nah mengingat betapa pentingnya informasi mengenai virus ebolaini saya ingin berbagi informasi mengenai apakah virus ebola itu dan bagaimana gejala-gejalanya serta bagaimana penangannnya agar tidak menyebar.

Waspadai Virus Ebola !!! Kenali Gejalanya dan Cegah Penyebarannya..
Waspadai Virus Ebola


Sebelumnya saya akan membahas mengenai asala mula virusebola itu, virus ebola ditemukan pertama kali muncul tahun 1976 di Zaire dan Sudan. Seorang pekerja toko di daerah Nzara, Sudan, tiba-tiba sakit dan setelah lima hari berselang, akhirnya ia meninggal dunia. Semula orang mengira itu hanya kematian biasa saja, namun dunia tanpa sadar menyaksikan dampak dari virus Ebola pertama, 27 Juni 1976 sejak kematian seorang pekerja toko tersebut. Karena setelah diteliti dari beberapa kematian yang terjadi ternyata mempunyai gejala yang sama dengan pekerja toko yang meninggal tersebut.

Setelah diketahui bahwa dari beberapa kasus kematian yang belakangan terjadi maka para tim dokter berusaha mencari tahu virus apakah yang menyebabkan kematian pada beberapa orang tersebut. Ternyata virus ini berasal dari hewan yaitu pada monyet dan kelelawar yang berfungsi sebagai inang. Virusini bernama ebola, virus ebola kemudian mewabah di seluruh area tersebut. Dilaporkan bahwa terjadi 284 kasus, setengah di antaranya menyebabkan korban sekarat.


Untuk penyebaran virus ebola sendiri memang perlu kita waspadai meskipun manusia, secara alami, bukanlah inang tempat perkembangbiakan virus ebola. Namun berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut  fakta yang mengejutkan bahwa sumber penularan adalah dari hewan. Namun orang yang sudah terinfeksi lewat hewan maka perlu diwaspadai, karena jika orang tersebut sudah positif terkena ebola maka penyakit ini dapat ditularkan dari orang ke orang melalui darah, liur, lendir, dan berbagai cairan yang dikeluarkan oleh tubuh lainnya.

Berdasarkan fakta di lapangan diketahui bahwa di negara-negara di mana ebolatelah mewabah, penyakit ini sering menyebar di antara para tenaga medis yang melakukan kontak langsung dengan pasien – pasien tanpa pakaian pelindung atau masker. Pengunaan kembali jarum yang terkontaminasi juga dapat menjadi medium penularan virus ebola ini.


Setelah menjelaskan tentang asal usul virus ebola  dan penyebarannya selanjutnya saya akan mengulas mengenai gejala-gejala apabila terkena virus ebola. Apabila orang yang terjangkit virus ebola maka masa inkubasi dari virusmematikan ini dapat berkisar dari 2 sampai 21 hari tetapi umumnya berlangsung lebih cepat yaitu 5-10 hari. Yang merupakan awal gejala yaitu termasuk badan mengalami demam tinggi, sakit kepala yang parah, mengalami sakit perut, badan terasa lemah yang parah, kelelahan, gangguan sakit tenggorokan, mual dan muntah , pusing-pusing , terjadi internal dan eksternal pendarahan. Gejala-gejala awal dari virus ebola ini mirip dengan gejala terserang malaria, demam tipus, disentri, influenza, atau berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Dalam beberapa kasus virus ebola dapat menyebabkan gejala yang lebih serius, seperti terjadi diare, tinja berdarah atau berwarna gelap, muntah disertai darah, warna mata menjadi merah, distension dan pendarahan pada arteriola sclerotic, kesemutan, penyakit ruam. Kadang disertai gejala lain atau gejala sekunder seperti hipotensi, hypovolemia dan tachycardia. Interior pendarahan yang disebabkan oleh reaksi antara virusdan platelet yang memproduksi bahan kimia yang akan dipotong sel-ukuran lubang dinding kapiler sehingga mengakibatkan keluarnya darah di dinding-dinding kapiler. Virus ebola ini dapat mempengaruhi tingkat sel darah putih dalam darah dan platelet, sehingga menyebabkan terganggunya proses pembekuan darah.

Nah semua gejala-gejala di atas biasanya diikuti kemunculan ruam di seluruh tubuh. Setelah itu dimulailah gejala-gejala yang menyakitkan seperti keluarnya darah dari semua lubang di tubuh. Dilanjutkan oleh rusaknya organ-organ internal orang yang terjangkit virus ebola ini. Setelah masuk hari ketujuh hingga kesepuluh setelah virus ebola ini menjangkiti maka mulai muncul rasa kelelahan, dehidrasi, dan shock.



Terakhir bagaimana cara menghindari virus ebolaini, berhubung obat untuk virus mematikan ini sampai saat ini belum ditemukan obatnya, maka cara terbaik untuk sedini mungkin mencegah dan menghindari penyakit akibat virus mematikan ini maka dengan cara menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan kita. Biasakan cuci kaki dan tangan sesering mungkin setelah beraktivitas dengan sabun, dan budayakan untuk selalu hidup sehat.

Sahabat khasiat tanaman obat herbal mohon untuk serius memperhatikan kesehatan dan kebersihan lingkungan di sekitar kita. jangan sampai virus ebola ini masuk ke wilayah Indonesia. Jangan lupa share ke teman-teman maupun saudara anda agar lebih bermanfaat bagi kita semua. Salam sehat


Posting Komentar

0 Komentar