Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Alasan Mengapa Saat Bersin Mata Tertutup

Pasti anda pernah bersin bukan ? mustahil bila belum pernah bersin, setiap manusia pasti akan mengalami bersin. Penyebab bersin bermacam-macam misalnya seperti terkena debu atau sedang mengalami flu namun intinya hanya satu yaitu karena alergi yang memicu munculnya reseptor dopamin sehingga menimbulkan reaksi oenolakan terhadap benda-benda asing yang masuk dalam tubuh melalui hidung. Namun pernahkah anda menyadari kenapa saat bersinmata tertutup ? jika ada yang bersinsambil mata terbuka itu mustahil. Berikut ini adalah alasan mengapa saat bersin mata tertutup.

Alasan Mengapa Saat Bersin Mata Tertutup
Bersin

Apa sih sebenarnya bersin ??

Jika dilihat dari kacamata medis bersin adalah suatu refleks sebuah pertahanan diri tubuh terhadap segala sesuatu benda asing yang masuk ke dalam tubuh atau juga sering disebut sternutatory reflex. Selain membersihkan faring (rongga yang terletak di antara hidung, mulut, dan tenggorokan) dari segala kotoran yang masuk di saluran pernapasan bersin juga merupakan pertanda bahwa daya imunitas tubuh masih berfungsi dengan baik.

Jika dilihat secara awam terjadinya bersin memang sangat sederhana, tapi tahukah anda sebenarnya proses terjadinya bersin sangat rumit. Secara medis diproduksinya bersin terjadi apabila adanya kontak antara iritasi di mukosa rongga hidung, sehingga dapat memicu terangsangnya saraf trigeminal. Nah akibat terangsangnya saraf trigeminal ini merangsang pons dan medulla di reseptor saraf otak, sehingga memicu adanya reaksi saraf tambahan. Terjadinya tekanan saraf tambahan tersebut itulah yang membuat mata menjadi tidak nyaman. Sehingga sebagai bentuk perlindungan seseorang yang bersinakan menurefleks seseorang akan menutup matanya.

Bersin juga berpengaruh seperti organ lain seperti perut, dada, leher dan wajah akibat terjadinya dorongan saat bersin. Terjadinya refleks ini berlangsung secara cepat, otomatis dan tidak dapat dikontrol karena pada saat bersinrangsangan yang terjadi bersifat sementara yang berjalan melalui impuls di wajah akibatnya kelopak mata tertutup dan membuka lagi setelah bersin.

Sedikit tips jika anda merasakan akan bersin sebaiknya jangan ditahan karena jika ditahan akan lebih berbahaya karena lendir maupun benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh yang seharusnya dieksresi namun tidak dikeluarkan. Nah sahabat Khasiat Tanaman Obat Herbal semoga artikel mengenai Alasan Mengapa Saat Bersin Mata Tertutup diatas dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa share ya teman-teman agar lebih bermanfaat. Salam sehat J

Posting Komentar

0 Komentar