Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Manfaat Luar Biasa Daging Tokek yang Jarang Diketahui

Tokek adalah hewan yang masih satu famili dengan cicak, namun ukuran tokeklebih besar jika dibandingkan dengan cicak. Selain itu tokek memiliki ciri khas yaitu terdapat bintik-bintik di kulitnya dan suara yang berbunyi “TOKEK..TOKEK..” sehingga orang menyebutnya dengan nama tokek. Di jaman modern ini tokek adalah hewan yang sekarang jarang dijumpai karena tokek banyak diburu untuk diperjualbelikan, konon harga tokekyang sangat mahal bahkan sampai jutaan disebabkan karena dagingnya yang dipercaya berkhasiat mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Nah apakah benar daging tokek memiliki manfaat untuk kesehatan? Pada kesempatan kali ini saya tertarik untuk mengulas mengenai apakah benar daging tokek bermanfaat bagi kesehatan jika dilihat dari kacamata medis.


Manfaat Luar Biasa Daging Tokek yang Jarang Diketahui
tokek belang

Sejarah pengobatan mencatat bahwa daging tokek sudah puluhan tahun digunakan sebagai obat tradisional dalam pengobatan China untuk menyembuhkan berbagai penyakit, selain itu daging tokek sering disajikan sebagai salah satu menu makanan yang menjadi favorit orang China. Orang China percaya bahwa daging tokek berkhasiat ampuh untuk mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal, penyakit asma, dan dapat meningkatkan stamina kaum lelaki.

Penelitian secara farmakologi terhadap daging tokek masih sangat sedikit. Namun dari uji klinis terhadap daging tokekyang diujikan ke makhluk hidup daging tokekmenunjukkan efek positif terhadap tumor ganas yaitu dapat mengurangi tahap pembelahan sel yang abnormal sehingga tumor perkembangannya lebih lambat. Penelitian ini dilakukan oleh seorang profesor dari dari Henan University of China. Jurnal penelitian ini pertama kali dipublikasikan dalam dalam World Journal of Gastroenterology. Hal yang masih perlu dilanjutkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Prof. Wang ini adalah bagaimana interaksi zat yang terkandung dalam daging tokek ini sehingga dapat sebagai antitumor.

Penelitian lain terhadap daging tokek yang dikutip dari Medicalnewstoday yaitu pernah dillakukan uji menggunakan hewan percobaan tikus yang berjenis kelamin betina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daging tokek tidak hanya dapat memperkuat sistem imunitas atau kekebalan suatu organisme namun juga berfungsi untuk menginduksi sel-sel tumor opoptosis yaitu sel-sel tumor yang dapat menghancurkan dirinya sendiri dalam jaringan. Selain itu daging tokek mampu menurunkan aktivitas dari protein VEGF dan BFGF. 


Fungsi protein-protein ini sendiri yaitu sangat mempengaruhi perkembangan dari sel-sel kanker. Mekanismenya yaitu dengan meningkatnya sistem imunitas atau kekebalan yang dideteksi berdasarkan kelenjar thymus pada hypotalamus yaitu kelenjar yangberfungsi memproduksi sel-sel imun di dalam leher, sel pagosit dan limpa yang berdampak pada penurunan eksresi protein VEGF dan BFGF, dan peningkatan dari jumlah sel-sel apoptotik yang dapat membunuh sel tumor.


Perkembangan penelitian daging tokek saat ini bisa dikatakan cukup berkembang karena saat ini badan kesehatan dunia yaitu WHO sedang melakukan penelitian dan uji klinis mengenai khasiat dari daging dan kulit tokek secara farmakologi yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit HIV/AIDS yang sampai detik ini masih belum ada obatnya, penyakit asma dan penyakit-penyakit kulit. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah apakah daging tokek benar-benar mempunyai khasiat untuk kesehatan, selain itu untuk melihat apakah ada efek samping yang ditimbulkan dari daging tokek.

Nah sahabat Khasiat Tanaman Obat Herbal setelah membaca artikel mengenai Manfaat Luar Biasa Daging Tokek yang Jarang Diketahui diatas apakah anda tertarik untuk mencoba daging tokek? Hehe. Jangan lupa share ya teman-teman semoga bermanfaat. Salam sehat J

Posting Komentar

0 Komentar