Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Proses Perjalanan Makanan Di Dalam Tubuh

Semua makhluk yang hidup membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup, termasuk manusia. Setiap hari saja manusia dapat makan 2 sampai 3 kali sehari dan minum 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk dapat tumbuh dan bertahan hidup. Jika dilihat secara medis makanan yang setiap hari anda makan jika sudah masuk ke dalam tubuh dipecah-pecah menjadi zat-zat yang disalurkan ke seluruh bagian tubuh. Nah tahukah anda proses perjalanan makanan yang kita makan selama berada di dalam tubuh ??? Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai bagaimana sebenarnya Proses Perjalanan Makanan di dalam Tubuh kita. Yuk mari kita simak prosesnya di bawah ini. .

Proses Perjalanan Makanan Di Dalam Tubuh
Proses Perjalanan Makanan Di Dalam Tubuh

Semua makanan yang anda telan sebelumnya akan melewati perjalanan sepanjang 30 kaki melalui jalur rumit di saluran pencernaan tubuh. Berikut adalah urutan-urutan  prosesnya :

  1. Rongga Mulut. Makanan yang masuk ke rongga mulut, lalu digiling terlebih dahulu oleh gigi selama beberapa detik sebelum masuk ke rongga kerongkongan. Makanan yang masuk tersebut tersebut terkena air liur sehingga akan mudah dihancurkan, setelah itu baru ditelan.
  2. Rongga Kerongkongan (saluran esofagus). Rongga kerongkongan panjangnya sekitar 10 inci, 1½  inci. Makanan yang masuk rongga kerongkongan akan masuk dalam tabung otot yang meremas makanan dalam perut anda sehingga makanan tersebut hancur agar dapat diabsorpsi oleh usus.
  3. Katup rongga kerongkongan bagian bawah. Di dalam rongga kerongkongan bagian bawah terdapat katup yang berfungsi sebagai pengatur makanan yang masuk ke dalam lambung. Terdapat sebuah otot yang berbentuk seperti gelang, nah katup ini harus tetap tertutup sampai Asam lambung kembali merayap naik, saat katup ini tidak berfungsi semsetinya untuk sehingga membuat perut anda menjadi mulas.
  4. Organ Lambung. Organ yang berongga ini berfungsi untuk mengaduk makanan yang sebelumnya diremas[remas di rongga tenggorokan. Di dalam lambung memproduksi asam lambung san enzim pencernaan untuk menghancurkan makanan.
  5. Katup pilorus. Katup ini terletak di dasar perut , katup ini tetap tertutup sampai perut anda siap untuk menyemprotkan makanan yang sebelumnya telah dihancurkan di dalam lambung dan disbawa ke dalam usus kecil anda untuk diabsorpsi lebih lanjut.
  6. Usus halus. Setelah melalui katup piloris maka proses pencernaan selanjutnya adalah banyak terjadi di dalam usus halus yang memiliki panjang sekitar 22 kaki ini, disini terjadi pemecahant pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak. Setelah makanan berada di dalam tubuh selama  4 sampai 6 jam, maka karbohidrat yang terdapat dalam makanan tersebut tidak dapat dipecah di usus halus dan  dibuang ke usus besar.
  7. Usus besar atau kolon. Usus yang Juga dikenal sebagai kolon ini adalah usus yang berisi bakteri ,Makanan tidak lagi dipecah di sini. Fungsi utama usus besar adalah  menghisap keluar air yang tersisa di dalam makanan dan menyerap vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan dihasilkan trilyunan mikroba di kolon. Di kolon reabsorbsi  zat-zat diedarkan hasil ke seluruh tubuh.
  8. Kantong Rektum. Rektum adalah ruang untuk penyimpanan kotoran, rektum memiliki panjang yang berukuran 8 inci. Lekukan-lekukan yang kecil dalam rektum membantu menahan kotoran di tempatnya sampai penuh baru dibuang melalui anus.
  9. Lubang Anus. Makanan yang telah selesai di absorpsi di dalam tubuh dan telah disimpan penuh di rektum maka selanjutnya dikeluarkan melalui lubang anus dengan cara kontraksi otot katup (sphincter). Proses pencernaan yang normal mengalami absorpsi di dalam tubuh selama 8 jam perhari.
Setelah membaca semua proses perjalanan makanan di dalam tubuh kita diatas semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa share ya teman-teman. Tetap ikuti Khasiat Tanaman Obat Herbal untuk dapatkan update terbaru artikel-artikel bermanfaat selanjutnya. Salam sehat J

Posting Komentar

0 Komentar