Header Ads Widget

Responsive Advertisement

10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Diuretik Alami

10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Diuretik Alami - Tanaman yang bersifat diuretik sangatlah penting untuk pengobatan penyakit-penyakit tertentu. Dikatakan diuretik, karena tanaman-tanaman tersebut mampu merangsang keluarnya air seni atau urine. Dengan demikian tanaman sangatlah baik untuk mengatasi adanya batu ginjal.
10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Diuretik Alami
10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Diuretik Alami
Ada banyak sekali tanaman yang bersifat diuretik di alam ini. namun pada kesempatan kali ini kami akan berbagi 10 diantaranya, langsung saja simak tanaman-tanaman yang bermanfaat sebagai diuretik alami berikut ini.


1. Sidaguri
Sidaguri merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di tempat-tempat yang terlindung tetapi masih terkena sinar matahari secara langsung. tanaman ini mengandung senyawa alkaloid ephedrine yang bertindak sebagai diuretik.

2. Legundi
Tepat pada bunga dan daunnya, legundi sangatlah berkhasiat sebagai obat anti-inflamasi atau peradangan. Sehingga legundi banyak dimanfaatkan sebagai tanaman herbal penahan rasa sakit. Namun selain itu, legundi juga mengandung mineral yang bertindak sebagai diuretik.

3. Habbatussauda (jintan hitam)
Inilah tanaman yang sudah sejak 2000 tahun yang lalu digunakan oleh bangsa Yunani dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain terkenal dengan nutrisinya, beberapa senyawa dalam habbatussauda juga bersifat diuretik alami.

4. Salai Guggul
Salai guggul banyak tumbuh di dataran India dan Asia. Biasanya tanaman satu ini digunakan sebagai obat peradangan akibat dari asam urat atau rematik, namun setelah dilakukan penelitian salai guggul sekarang sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat batu ginjal, karena sifat diuretiknya yang cukup tinggi.

5. Jahe merah
Jahe bisa dikatakan sebagai herbal yang dapat menghangatkan tubuh kita, selain itu jahe jenis jahe merah ternyata juga dapat bertindak sebagai diuretik. Dan bahkan sekarang ini telah ada banyak sekali produsen obat herbal yang menggunakan jahe merah sebagai bahan baku produknya tersebut.

6. Brotowali
Tanaman herbal diuretik selanjutnya adalah brotowali. Dikenal sebagai daun yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. selain bersifat diuretik, brotowali juga bersifat antidiabetes. Sehingga bagi Anda yang memiliki penyakit gula bisa mengonsumsi herbal dari tanaman satu ini.

7. Teh hijau
Teh hijau mengandung banyak sekali polifenol yang dapat bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. mengonsumsi teh hijau secara rutin juga dipercaya mampu melarutkan batu ginjal, karena teh hijau berkhasiat sebagai diuretik alami.

8. Sambiloto atau bidara
Sambiloto atau kerap dikenal dengan bidara, merupakan tanaman asli yang berasal dari kawasan India. Di asalnya sana, sambiloto sudah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Terutama untuk obat yang berhubungan dengan sistem metabolisme dalam tubuh.

9. Kumis kucing
Sudah sejak beberapa tahun silam, kumic kucing dikenal sebagai tanaman yang bersifat diuretik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya obat herbal batu ginjal dengan kandungan kumis kucing tersebut.

10. Daun salam
Tanaman berkhasiat sebagai diuretik yang terakhir adalah daun salam. Mungkin banyak yang mengenal daun salam mampu memberikan rasa dan aroma masakan agar semakin nikmat, namun dibalik manfaatnya sebagai tambahan masakan tersebut, daun salam juga berkhasiat sebagai diuretik alami.

Itulah tanaman yang berkhasiat sebagai diuretik alami. semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar