Header Ads Widget

Responsive Advertisement

10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Antibiotik Alami

10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Antibiotik Alami - Kuman ataupun bakteri dapat menyebabkan terbentuknya sebuah infeksi, terutama infeksi pada bagian luka baru. Untuk mencegah infeksi akibat bakteri tersebut, antibiotik bisa kita gunakan. Akan tetapi menggunakan antibiotik bahan kimia dalam jangka panjang sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh.
10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Antibiotik Alami
10 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Antibiotik Alami
Selain bahan kimia, sebenarnya kita juga bisa mendapatkan antibiotik dari bahan-bahan alami. ada banyak sekali tanaman yang bermanfaat sebagai antibiotik, berikut 10 diantaranya.


1. Aloe Vera
Aloe vera atau disebut dengan lidah buaya, merupakan tanaman herbal yang hidup di tempat kering. Tepat pada daunnya, tanaman satu ini sangat berkhasiat untuk mengobati luka, alergi, infeksi, ruam, dan masih banyak lagi. itulah alasan mengapa daun lidah buaya sekarang ini banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal antibiotik alami.

2. Kunyit
Kunyit merupakan rempah yang sering digunakan ibu-ibu untuk memasak. Dengan menggunakan kunyit, maka masakan akan semakin lezat. Namun selain berguna untuk memasak, kunyit juga mengandung senyawa antibiotik, antibakterial, dan bahkan antiseptik secara alami.

3. Goldenseal
Bisa dikatakan goldenseal adalah tanaman antibiotik alami yang sangat menakjubkan. Tanaman satu ini mampu mencegah dan mengatasi munculnya jamur, bakteri, kuman secara efektif. Bahkan kandungan anti-inflamasinya juga sangat baik untuk mengurangi peradangan berlebih.

4. Bawang putih
Bawang putih dikenal sebagai antibiotik yang sangat baik untuk mengatasi sakit gigi akibat bakteri. Jika Anda sakit gigi, haluskan bawang putih kemudian bubuhkan airnya pada bagian yang bermasalah tersebut.

5. Daun zaitun
Tanaman antibiotik alami selanjutnya adalah zaitun. Tepat pada bagian daunnya, tanaman satu ini tidak hanya bermanfaat sebagai antibiotik alami saja. akan tetapi daun zaitun juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi berbagai jenis serangan penyakit.

6. Ranting pohon mimba
Setiap harinya orang-orang di India mematahkan ranting pohon mimba, lalu mengunyahnya pada bagian ujung dan menggunakan sebagai pembersih gigi. Setelah dilakukan penelitian, ternyata pada ranting pohon mimba tersebut mengandung senyawa antibakterial dan antibiotik alami.

7. Minyak oregano
Minyak oregano sudah dikenal di kalangan para ahli sebagai antibiotik alami yang cukup dahsyat. Tidak hanya itu saja, minyak oregano juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab munculnya penyakit-penyakit berbahaya.

8. Echinaceae
Apabila diekstrak tanaman echineceae, maka akan menghasilkan senyawa antibiotik dan antiseptik yang cukup bermanfaat untuk manusia. mulai dari mencegah kuman, bakteri, sampai dengan virus berbahaya.

9. Bawang merah
Bawang merah mengandung senyawa belerang yang bersifat antibiotik sekaligus diuretik. Mengonsumsi bawang merah secara rutin dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit-penyakit berbahaya.

10. Teh hijau
Memang teh hijau bisa dikatakan bukanlah antibiotik yang kuat, akan tetapi kandungan dalam teh hijau sangatlah baik untuk membantu kinerja dari antibiotik tersebut. dengan demikian, konsumsilah teh hijau secara rutin agar hasilnya nanti semakin maksimal.

Posting Komentar

0 Komentar