Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Efek Teratogenik Akibat Penggunaan Daun Pegagan (Centella asiatica)

Hipertensi pada wanita hamil adalah suatu keadaan yang sering ditemukan. Hipertensi pada wanita hamil merupakan suatu keadaan yang perlu mendapatkan perhatian khusus karena jika dibiarkan saja dapat berpengaruh terhadap ibu maupaun janin. Penggunaan obat herbal sebagai terapi hipertensi pada masa kehamilan cenderung lebih disukai oleh masyarakat, namun penggunaan obat-obat herbal tersebut memiliki berbagai efek samping yang mungkin membahayakan dan menimbulkan kecacatan pada janin. Oleh karena itu sahabat pecinta tanaman obat herbal pada kesempatan kali ini saya tertarik untuk mengulas mengenai salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai antihipertensi yaitu pegagan.


Pegagan atau dalam bahasa latin Centella asiatica merupakan salah satu tanaman yang telah diteliti khasiatnya sebagai antihipertensi, dimana daun pegagan yang dibuat infusa mampu menurunkan tekanan darah pada manusia. Selain itu telah diketahui dari toksisitas akut maupun subkronik pada hewan percobaan, tanaman ini cukup aman untuk dikonsumsi, sehingga tidak menutup kemungkinan penggunaannya pada ibu hamil. Namun sayangnya keamanan penggunaan pada ibu hamil secara empiris masih belum diketahui dan hanya diduga-duga bersifat teratogenik (menmbulkan malformasi pada janin) oleh masyarakat umum sehingga dihindari penggunaanya untuk wanita hamil.

Sehubungan dengan banyaknya  desas-desus di masyarakat, maka seorang mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Surabaya melakukan uji efek teratogenik pada daun pegagan terhadap hewan coba untuk membuktikan kebenaran apakah daun pegagan menyebabkan kecacatan pada janin. Setelah dilakukan uji terhadap hewan coba ternyata diperoleh hasil bahwa daun pegagan pada dosis 1500 mg/kg BB memberikan efek teratogenikyaitu berupa adaya cacat fisik dan kekerdilan pada janin mencit.


Nah semoga informasi mengenai efek teratogenik pada penggunaan daun pegagan ini dapat membuktikan mitos yang beredar di masyarakat dan bermanfaat menambah wawasan anda.

Posting Komentar

0 Komentar