Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Bahaya yang Timbul Di Balik Mendengkur

Sahabat pecinta khasiat tanaman obat herbal saat anda sedang tidur pulas apakah anda pernah mendengkur ? mungkin anda sendiri tidak akan menyadarinya karena anda sedang tidur nyenyak masuk dalam alam bawah sadar anda dan baru tahu setelah anda bangun dan teman atau orang di sekitar anda bilang bahwa mereka terganggu dengan suara dengkuran anda,hehe. Nah tahukah anda mengapa anda kadang-kadang mendengkur pada waktu tidur ? bahaya apa dibalik mendengkur bagi kesehatan anda ?

bahaya mendengkur
posisi rongga mulut saat mendengkur

Sebelumnya apakah mendengkur itu ? Mendengkur adalah suara yang timbul akibat masuknya aliran udara pernapasan yang menuju ke paru-paru terhalang. Halangan ini bisa terjadi di saluran pernafasan yaitu di rongga hidung, rongga mulut atau kerongkongan. Halangan tersebut  dapat menyempitkan aliran udara pernapasan yang menuju ke paru-paru. Penyempitan lain  juga bisa disebabkan adanya polip pada hidung, melemahnya otot pada pangkal lidah dan amandel. 

Sebab lain yang kadang menyebabkan seseorang mendengkur pada saat tidur yaitu kadang seseorang mengalami gangguan pernapasan melalui hidung, sehingga secara otomatis orang akan bernapas lewat mulut. Nah pernapasan mulut ini yang berpotensi memunculkan suara dengkuran. Selain itu juga karena anak lidah (uvula) menjadi lemah dan atap mulut bagian belakang (soft palate) ototnya menjadi kendur, udara pernapasan tak lancar, kebanyakan sering dialami oleh usia lanjut. Mekanisme terjadinya dengkuran yaitu saat udara pernapasan yang masuk mengalami turbulensi sehingga akan menggetarkan jaringan lunak yang dilaluinya, lalu menimbulkan suara dengkuran.

Tahukah anda bahaya yang dapat ditimbulkan akibat mendengkur? Mendengkur pada seseorang menandakan bahwa kesehatan orang tersebut sedang menurun. Salah satu bahaya yang dapat ditimbulkan akibat mendengkur yaitu salah satu gejala awal stroke atau bisa dikatakan stroke ringan, karena jika anda mendengkur menunjukkan bahwa pada diri anda mulai terjadi melemahnya fungsi otot-otot lidah. Selain itu ada beberapa kasus yaitu kasus henti napas sejenak. Apnea atau henti napas sejenak terjadi akibat sumbatan jalan napas. Nah waspadalah bila anda mendengkur hebat diselingi oleh henti napas sejenak karena hal ini dapat mengganggu suplai pasokan oksigen yang menuju ke otak.


Semoga artikel mengenai Bahaya yang Timbul Di Balik Mendengkur ini dapat bermanfaat bagi anda, mulailah biasakan hidup sehat dengan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan lupa share ya ke teman dan saudara anda agar lebih bermanfaat. Tetap ikuti fanspage khasiat tanaman obat herbal agar tidak ketinggalan update terbaru kami.
.


Posting Komentar

0 Komentar