Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Bahaya Menggigiti Kuku

Sahabat pecinta khasiat tanaman obat herbal pada waktu masih kecil atau sudah beranjak remaja apakah kalian masih punya kebiasaan buruk yang mungkin sampai sekarang belum bisa untuk dihilangkan ? Nah salah satu kebiasaan buruk yang biasa dilakukan yaitu kebiasaan menggigiti kuku. Hayoo.. apakah anda pernah menggiti kuku anda ? Pada waktu masih kecil mungkin sering kita mengabaikan hal-hal sepele yang sebenarnya dapat berbahaya jika dilakukan teurs menerus. Apakah anda tahu bahaya menggigiti kuku? nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai bahaya menggigiti kuku, namun sebelumnya saya jelaskan dahulu mengenai kuku.

menggigiti kuku
bahaya menggigiti kuku

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang diperhatikan oleh kaum  wanita setelah wajah, kulit dan rambut. Banyak dijumpai wanita yang sengaja memanjangkan kukunya untuk menambah penampilan agar tampil lebih menawan makanya sekarang banyak wanita yang melakukan perawatan kuku dengan manicure dan pedicure. Namun tidak banyak juga wanita yang memanjangkan kuku tetapi tidak pernah melakukan perawatan, karena terkendala oleh masalah biaya untuk perawatan kuku. Perawatan kuku bagi yang sengaja memanjangkan kukunya sangatlah penting untuk menjaga kebersihan kuku dan kuku selalu tampil cantik.

Nah apakah anda mempunyai kebiasaan sering menggigit kuku? kadang pada saat anda sedang menunggu sesuatu atau sedang merasa jenuh secara spontan atau memang sudah terbiasa anda menggigiti kuku, namun apakah anda tahu jika kebiasaan menggigiti kuku itu berbahaya bagi kesehatan anda ?
Seperti kita ketahui bahwa kuku merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan berbagai benda dan rawan terkena jutaan bahkan milyaran kuman dan bakteri. Terlebih lagi bila anda tidak rajin untuk mencuci tangan dengan sabun dan membersihkan kuku setiap hari maka dipastikan ada banyak kuman dan bakteri yang bersarang di kuku anda.

Nah coba anda bayangkan saja  apabila anda sering menggigiti kukuanda maka berjuta-juta kuman dan bakteri itu dapat berpindah dari kukuke mulut dan tertelan masuk ke dalam tubuh. Bagi anda yang sering menggunakan kuteks atau cat kuku maka zat-zat kimia dari kuteks tersebut tidak akan hilang begitu saja walaupun anda sudah membersihkanya dengan nail remover atau penghilang cat kuku. Selain kuteks, jika anda bermain ditempat yang kotor maka aka nada banyak kotoran yang masuk ke kuku anda , ada juga karena sisa-sisa sabun mandi dan facial wash yang tidak lantas hilang dan bisa saja mengendap di kuku anda.

Berdasarkan Sebuah penelitian di Rusia baru-baru ini menyebutkan bahwa kebiasaan menggigit kuku ternyata bisa menurunkan IQ pada anak-anak. Nah sekarang anda tahu kan ? ternyata menggigiti kuku banyak memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Selanjutnya lantas bagaimana caranya agar bisa sembuh dari kebiasaan mengigit kuku? Diibaratkan saja sama seperti bayi yang akan disapih ASI oleh ibunya, nah memang menghilangkan kebiasaan ini juga tidak bisa instan dan langsung sembuh, namun dengan kemauan dan keyakinan anda pasti bisa menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

Berikut ada beberapa tips yang perlu anda coba untuk menghilangkan kebiasaan menggigiti kuku :

1. Coba alihkan perhatian anda
Jika  selama ini anda sudah terbiasa menggigiti kuku saat menunggu sesuatu atau sedang jenuh, maka biasakanlah untuk melakukan hal lain seperti menyibukkan diri dengan membaca atau bersosial media. Nah lama-kelamaan kebiasaan buruk anda akan berkurang dan bisa hilang.

2. Cari  ide kreatif
Nah coba cari ide- ide kreatif anda untuk mengingatkan anda bahwa anda sedang berusaha berhenti dari kebiasaan menggigt kuku. Misalnya beri plester untuk menutupi kuku pada jari anda agar pada waktu menggigit anda jadi teringat dan batal untuk mengigiti kuku anda


Semoga artikel mengenai bahaya sering menggigiti kuku ini dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa share ke teman maupun saudara anda agar lebih bermanfaat. Sukai halaman khasiat tanaman obat herbal untuk mendapatkan update terbaru.

Posting Komentar

0 Komentar