Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tips Menjaga Bibir Tidak Kering dan Pecah-pecah saat Berpuasa

Hai sahabat setia khasiat tanaman obat herbal tidak terasa bulan ramadhan ini sudah 2 minggu lebih kita lalui. Nah apakah ibadah puasa anda sudah bolong di bulan ramadhan ini ? kewajiban berpuasa memang sudah menjadi hal yang wajib bagi seseorang yang sudah baligh selama satu bulan penuh. Tentunya dengan datangnya bulan ramadan ini secara otomatis juga akan mengubah kebiasaan anda sehingga berakibat pada perubahan kesehatan pada tubuh anda

bibir kering dan pecah-pecah
Bibir Kering dan Pecah-pecah

Salah satu perubahan yang biasanya terjadi di bulan ramadhan adalah perubahan terhadap kondisi bibir, jika biasanya bibir tetap lembut dan lembab, namun saat puasa, ada kemungkinan bibir mudah kering dan pecah-pecahkarena kurangnya asupan air selama beberapa jam dan kadang faktor cuaca yang panas sehingga menjadi dehidrasi karena terlalu banyak mengeluarkan keringat. Tetapi anda tenang saja tidak usah terlalu khawatir, ada cara mudah bagi anda agar masalah ini tidak mengganggu ibadah puasa anda dan puasa menjadi khusyuk



1. Perbanyak minum air putih pada saat buka dan sahur
Salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecahkarena tubuh kekurangan asupan air. Maka sebaiknya paksa diri anda minum air putih  yang banyak untuk mencukupi kebutuhan air selama berpuasa. Alasan mengapa air putih karena selain tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh air lebih mudah diserap tubuh.

2. Jangan lupa makan buah dan sayur yang mengandung banyak air
Konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air dapat membantu tubuh menjadi lebih fresh. Banyaknya vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur segar akan memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh  tubuh. Saat puasa adalah waktunya tubuh melakukan regenerasi besar-besaran, maka dengan konsumsi buah  dan sayur yang segar dapat membantu mengoptimalkan proses regenerasi dalam tubuh.

3. Kurangi makan makanan yang asin
Ternyata garam dapat membuat tubuh mengikat lebih banyak air dari keadaan normal, akibatnya anda akan mudah haus dan lebih mudah mengalami dehidrasi. Maka dari itu sebaiknya perhatikan jumlah makanan asin dan garam yang anda konsumsi selama bulan Ramadan karena jika anda dehidrasi akan dapat berdampak pada bibir anda sehingga dapat kering dan pecah-pecah.

4. Cobalah gunakan lip balm
Lip balm adalah sejenis kosmetika yang berfungsi sebagai salah satu cara untuk menjaga kelembaban bibir. Nah pakailah saat bibiranda mulai terasa kering. Cara Ini lebih baik jika dibandingkan menarik-narik bibir yang kering hingga bibir menjadi berdarah. Sebaiknya bawa selalu lip balm di tas anda agar bibir tetap lembab sepanjang hari.

Nah itulah beberapa tips menjaga bibir agar tidak keringdan tidak pecah-pecah saat berpuasa, tidak ada salahnya mencoba tips diatas karena banyak hal yang kadang kita sepelekan namun kadang bermanfaat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa share ke teman atau saudara anda agar lebih bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap jaga kesehatan bibir anda agar tetap tampil cantik saat berpuasa.


Posting Komentar

0 Komentar