Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Hal-hal yang dapat Menyebabkan Penyakit Gagal Ginjal

Sahabat setia khasiat tanaman obat herbal, Anda pasti tahu kan betapa pentingnya fungsi ginjal bagi tubuh kita. Seperti anda ketahui bersama di dalam tubuh kita terdapat sepasang ginjal yaitu terletak di belakang pinggang kanan dan kiri. Kedua ginjal tersebut  lama-lama akan menurun fungsinya dan bisa sampai rusak bila kita tidak memperhatikan kesehatan ginjal kita. Walaupun hanya dengan 1 ginjal saja manusia dapat bertahan hidup namun beban yang harus ditanggung oleh 1 ginjal sangatlah berat. Maka tidak kaget bila ada banyak seseorang yang rela mendonorkan sebuah ginjalnya kepada seseorang yang membutuhkan ginjal akibat rusaknya salah satu ginjal, hal ini sering disebut dengan cangkok ginjal atau transplantasi ginjal.

hal-hal yang dapat menyebabkan gagal ginjal
penyakit gagal ginjal

Nah salah satu penyakit yang paling sering terjadi yaitu penyakit gagal ginjal, maka dari itu sebaiknya anda perlu ketahui apa sajakah hal-hal yang dapat menyebabkan penyakitgagal ginjal, dengan mengetahui penyebabnya dapat mencegah kita terhindar dari penyakit gagal ginjal. Ginjal yang sehat dapat memperpanjang usia kita. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit gagalginjal.


1. Kebiasaan minum-minuman beralkohol
Konsumsi alkohol dapat memperberat kerja ginjal maka dari itu hindari minum-minuman beralkohol agar kerja ginjal anda tidak terlalu berat. Sebaiknya biasakan minum air putih yang cukup setiap hari, karena berdasarkan penelitian air putih adalah minuman yang paling ringan yang disaring di ginjal.

2. Kebiasaan merokok
Rokok merupakan racun. Semua orang pasti tahu apakah rokok ada manfaatnya bagi kesehatan ? jawabanya tidak sama sekali. Maka dari itu dalam bungkus rokok pasti ada peringatan bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan. Rokok berbahaya bagi kesehatan ginjal karena berbagai zat racun yang terkandung seperti nikotin, mg, tar sulit dieksresikan oleh tubuh dan tertinggal di dalam ginjal. Nah maka dari itu jika anda ingin ginjal anda tetap sehat maka hentikanlah kebiasaan buruk merokok dari sekarang.


3. Kelebihan glukosa atau gula dalam tubuh
Ternyata asupan kadar gula yang berlebihan di dalam tubuh, selain dapat mengakibatkan penyakit diabetes, juga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit gagal ginjal lho. Maka dari itu, sebaiknya mulai dari sekarang anda harus secar teratur mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh anda. Dengan mengurangi asupan gula dapat menimalisir resiko diabetes sekaligus penyakit gagal ginjal.


4. Tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Sekarang banyak penderita hipertensi di semua tingkatan usia, nah tekanan darah ini juga harus diperhatikan. Sebaiknya hindari makanan-makanan yang mempunyai kadar garam yang tinggi karena dapat meningkatkan tekanan darah. Ingat, bahwa orang dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi memiliki resiko yang jauh lebih besar terkena gagal ginjaldaripada orang dengan tekanan darah normal.

5. Kurangnya berolahraga
Dengan berolahraga semua fungsi organ tubuh menjadi teratur, saat tubuh kita mengeluarkan keringat terjadi proses eksresi melalui kulit sehingga membantu kerja ginjal menjadi lebih ringan. Nah maka dari itu pentingnnya berolahraga secara rutin dapat mempengaruhi kesehatan ginjal sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit gagal ginjal.


Setelah membaca beberapa hal-hal yang dapat menyebabkanpenyakit ginjal diatas diharapkan dapat membantu anda terhindar dari resiko penyakit gagal ginjal. Jangan lupa share ya ke teman-teman atau saudara anda agar lebih bermanfaat. Jangan sampai ketinggalan update terbaru kami, tetap ikuti kami dengan like fanspage khasiat tanaman obat herbal. Salam sehat


Posting Komentar

0 Komentar